Sabtu, 13 Februari 2010

Memahami Yohanes : Dari Penulis

Dari Penulis

Orang awam mencoba memahami ajaran Tuhan Yesus, mungkin agak aneh dan tidak umum. Awam dengan pengertian bukan hanya kaum awam, namun juga betul-betul tanpa pengetahuan tentang Alkitab. Mungkin penulis hampir walaupun sangat kecil, seperti para rasul yang hanya jebolan pencari ikan, bukan penjala ikan kelas nelayan. Bisa memancing saja sudah merupakan kebahagiaan tersendiri walaupun lebih sering tidak dapat alias gagal.

Apabila banyak pemahaman yang keluar dari ajaran gereja, rasanya perlu dimaklumi. Setidak-tidaknya bertanya dalam hati, mengapa begini dan begitu, koq agak berbeda dengan Injil yang lain. Mau tidak mau akan tertuang dalam tulisan dan pemahaman, yang mungkin bisa dianggap nyleneh, tidak umum. Mungkin disinilah perlunya gembala memberikan pencerahan, agar penulis tidak tersesat semakin dalam. Jangan-jangan bagaikan orang yang masuk ke dalam hutan belantara, tanpa peta dan tanpa kompas, sehingga tidak tahu jalan keluarnya.

Penulis mencoba membayangkan, merenung dan melantur, sesuai dengan pengalaman hidup yang selama ini dijalani. Pesan apa yang diberikan Tuhan Yesus untuk kehidupan sehari-hari di masa sekarang. Perjalanan hidup selama setengah abad lebih mau tidak mau akan mempengaruhi alur pemahaman, yang mungkin agak keluar dari inti pengajaran itu sendiri. Namun demikian penulis tetap percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan Allah yang selama ini menjadi pegangan hidup penulis.

Justinus Darmono
Jln. Jatihandap 194/72 RT04/08
Kel. Jatihandap Kec. Mandalajati
Kota Bandung. 40193
022.76110413 / 7201038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar