Rabu, 10 Maret 2010

Memahami Yohanes Bab2:12

Yesus di Kapernaum

2:12. Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum, bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hanya beberapa hari saja.

Dalam bayangan penulis, pada waktu itu mereka pergi dari Kana berombongan sebagai keluarga besar. Setelah perayaan pernikahan selesai, mereka harus kembali namun tidak langsung ke Nazaret. Mereka mampir ke Kapernaum dan menginap di sana untuk beberapa hari. Kemungkinan rombongan tersebut menginap di keluarga mertua Simon Petrus. Kita boleh saja membayangkan bahwa yang di Kana tersebut masih ada hubungan keluarga dekat. Penulis tidak tahu persis siapakah saudara-saudara Tuhan Yesus.

Kita bisa membayangkan bahwa perjalanan dari Kana ke Kapernaum arahnya ke timur laut. Kemudian dari Kapernaum kembali ke Nazaret jaraknya akan lebih jauh, karena Nazaret berada di selatan Kana. Mungkin kita hanya bisa membayangkan, mumpung dalam acara kunjungan silaturahmi, sekalian mampir.

Pasti banyak pembicaraan yang diobrolkan, termasuk ajaran-ajaran yang mungkin tidak tertulis di sini. Penulis tidak tahu apakah pada waktu itu bapak Yusuf sedang tidak ada ataukah tidak dianggap begitu penting, karena inti pokoknya adalah kesaksian yang menakjubkan. Banyak cerita bahwa bapak Yusuf sudah wafat, walaupun cerita tersebut belum diketahui kebenarannya.

Kapernaum boleh dikatakan menjadi tempat tinggal kedua bagi Tuhan Yesus, selain Nazaret. Kelihatannya ada beberapa murid pilihan yang memang berasal dari daerah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar