Senin, 19 April 2010

Memahami Yohanes Bab 20:30-31

Maksudnya Injil ini dicatat

20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, 20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Yohanes sudah menjelaskan bahwa tanda-tanda atau mujizat yang dibuat Tuhan Yesus begitu banyak. Saking banyaknya, maka tidak semuanya tertuliskan karena harus diingat satu persatu. Satu hal yang ingin ditekankan Yohanes Penginjil, bahwa Yesus dari Nazaret adalah betul-betul Mesias, Yang Terurapi. Dialah Anak Allah yang turun ke dunia, seperti yang pernah dijanjikan. Siapa yang percaya akan ke-Allahan-Nya hampir dipastikan memperoleh hidup di dalam nama-Nya.

Jadi dalam pemahaman penulis, Injil merupakan kitab kesaksian para saksi mata yang mengalami sendiri, bagaimana Tuhan Yesus berkarya. Bagaimana Tuhan Yesus mengharapkan kita untuk berubah dan melakukan perbuatan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya. Pada intinya Dia mengharapkan kita untuk saling mengasihi sesama kita, tanpa pandang bulu.

Hukum Kasih yang begitu mudah untuk diucapkan namun sebenarnya cukup sulit untuk dilaksanakan. Rasanya lebih banyak gangguan yang menghalangi, yang disebabkan oleh ego kita masing-masing. Lebih mudah untuk pembenaran diri dari pada penyangkalan diri. Lebih enak membuang salib dari pada memanggul salib. Namun ya itulah hukum Kasih yang harus kita lakukan, walaupun harus melalui proses yang cukup panjang. Belajar dengan niat untuk berubah dan berubah menjadi lebih baik dan benar. Salib dan kasih bukan lagi menjadi beban, tetapi menjadi kebutuhan selama mengarungi kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar