Senin, 19 April 2010

Memahami Yohanes

Kata Pungkasan

Demikianlah yang penulis pahami, walaupun masih banyak tanda tanya besar. Semakin membaca untuk memahami semakin berkembang tanpa batas. Bagaikan minum anggur yang membuat semakin haus dan kemudian memabukkan. Dalam kemabukan mungkin membuat menjadi lepas bebas tak terkendali, atau malahan diam sama sekali.

Apabila menuruti hati untuk terus memahami, maka tulisan inipun tidak pernah akan selesai. Setiap saat pemahaman bisa bertambah sesuai bergulirnya waktu, tergantung dari sudut mana kita akan mengacu. Biarlah orang lain yang menambah dan mengurangi, atau malahan berhenti hanya di dalam mimpi. Mungkin hierarki bisa memberikan pencerahan apabila penulis dirasa kebablasan.

Sampai saat inipun penulis masih merenungkan hukum kasih yang gampang-gampang sulit. Masih mencoba menghayati penyangkalan diri yang sering berbelit-belit. Semoga Tuhan Yesus bisa memaklumi apabila penulis belum terlepas dari rantai pembenaran diri. Tidak ada yang perlu disimpulkan karena sang benang terurai lepas kemana-mana. tanpa batas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar