Senin, 19 April 2010

Memahami Yohanes Bab 21:24-25

Kata penutup

21:24 Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar. 21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Dalam penutupnya Yohanes ingin menekankan bahwa sebenarnya ajaran Tuhan Yesus begitu banyak. Yang tertulis dalam kitab ini hanya sebagian saja karena tidak semuanya dihafal dan diingat. Mungkin inilah hal-hal penting yang perlu diketahui oleh banyak orang. Hal-hal penting berarti bukan cerita secara urut dari awal sampai akhir. Kemungkinan besar ceritanya tidak berurutan, sesuai tanggal bulan dan tahun.

Mungkin Yohanes ingin menegaskan bagaimana para murid sendiri berproses dari sedikit demi sedikit. Mereka tidak langsung bisa percaya bahwa Gurunya adalah Allah sejati. Mereka sepertinya dituntun selangkah demi selangkah dengan berbagai tanda dan ajaran, sehingga iman berproses sedikit demi sedikit. Pada saatnya mereka betul-betul mengimani, mengasihi dan bersedia melayani Tuhan Yesus sampai mati

Untuk menyejukkan hati, kitapun tidak usah ragu dan bimbang apabila kita jatuh bangun dalam mengimani Tuhan Yesus sebagai manusia dan Allah. Selama kita masih hidup, kita masih bisa berproses untuk menjadi lebih baik dan benar. Tangan Tuhan selalu terbuka untuk segera memeluk kita masing-masing. Dia menunggu tanpa bosan-bosannya, kapan kita mau datang menemui dan berserah diri kepada-Nya. Kerahiman-Nya tak terhingga yang tidak akan terselami oleh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar